Bacaan Niat Puasa & Doa Buka Puasa Beserta Artinya - IMedia9 - Moslem

Breaking

Wednesday, May 16, 2018

Bacaan Niat Puasa & Doa Buka Puasa Beserta Artinya


Umat ​​Islam akan dilakukan bulan Ramadan yang pada tahun ini, tanggal 1 Ramadhan 1439 H jatuh bertepatan dengan hari Kamis tanggal 17 Mei 2018. Keputusan pemerintah dalam penetapan tanggal 1 Ramadhan ini sama dengan Muhammadiyah yang terlebih dahulu hari Kamis 17 Mei 2018 sebagai tanggal 1 Ramadhan 1439 H.

Kewajiban puasa di bulan Ramadhan telah menyediakan di dalam Al-Quran  sesuai dengan firman Allah SWT pada surat Al Baqarah:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ -١٨٣

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa pada diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa (QS Al Baqarah: 183)

Puasa di Ramadhan merupakan puasa yang istimewa dan berbeda dengan puasa sunat. Di dalam puasa Ramadhan, umat Islam diwajibkan berniat terlebih dahulu sebelum pelaksanaan puasa. Niat ini dilakukan setiap hari pada hari sebelum shubuh. Berikut ini adalah lafadz niat puasa Ramadhan

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHAUMA GHODIN 'AN ADAA'I FARDHI SYAHRI ROMADHOONA HAADZIHIS SANATI LILLAHI TA'ALA

Artinya: Saya berkehendak menghuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala.

Sementara untuk doa berbuka puasa, salah satu doa yang populer adalah:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

ALLAHUMMA LAKASUMTU WABIKA AAMANTU WA'ALAA RIZQIKA AFTHORTU BIROHMATIKA YAA ARHAMAR ROOHIMIIN


Artinya: Ya Allah keranaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.

Dlam beberapa riwayat jika perintah tersebut di atas berasal dari Hadits dho'if atau lemah. Doa ini merupakan bagian dari hadits dengan redaksi lengkap sebagai berikut:


عن معاذ بن زهرة, أنه بلغه أن النبي صلى الله عليه و سلم كان إذا أفطر قال: اللهم لك صمت, و على رزقك أفطرت

"Dari Mu'adz bin Zuhrah, yang benar-benar telah mencapai riwayat kitab yang benar jika Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berbuka puasa, beliau membaca (doa),' Allahumma laka shumtu wa 'ala rizqika afthortu-ed' (ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rezeki-Mu aku berbuka). ”[1]


Hadits tersebut diriwayatkan oleh Abu Daud, dan dhaif oleh Syekh al-Albani dalam Shahih wa Dhaif Sunan Abi Daud. Meskipun demikian, tetap digunakan untuk berbuka puasa dengan membaca doa tersebut. 

Sementara doa berbuka puasa lain yang disiarkan oleh Rasullullah Shallaallahu Alaihi Wassalam adalah:


ذَهَبَ الظَّمَأُ ، وابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ ، وثَبَتَ اْلأَجْرُ إِنْ شَاءَاللهُ

DZAHABAZH ZHOMA'U WABTALLATIL 'URUQU WA TSABATAL AJRU INSYA ALLAH


Artinya: "Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki" (Hadits shahih, Riwayat Abu Daud [2/306, no. 2357] dan selainnya.

No comments:

Post a Comment